Mengenalkan Pacar pada Teman, Pentingkah?

Mengenalkan pasangan pada teman juga dapat membuat Anda dapat melihat bagaimana hubungan romansa yang sedang dijalani dari sudut pandang lain. (Foto: Alexis Brown/Unsplash.com)

Jakarta (Lampost.co) -- Sebagai makhluk sosial, setiap orang memiliki orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, dan pasangan. Jika mengenalkan pasangan atau teman pada keluarga adalah wajar dan penting, apakah hal tersebut juga berlaku untuk teman pada pasangan?

Salah seorang kaum milenial, Bimo (23) merasa hal tersebut penting karena ingin mengenal pergaulan dirinya.
"Ngenalin ke teman juga bisa jadi salah satu cara untuk membangun kepercayaan dengan pasangan," pungkas Bimo pada Medcom.id pada Selasa 21 Februari 2018.

Pendapat tersebut juga dilakukan oleh Nisa (23) dan Dinda (29) yang menganggap bahwa pasangan dan teman sebaiknya saling mengenal.

Lalu bagaimana dari sudut psikologis?

"Penting mengenalkan pasangan pada teman. Agar dia tahu bahwa kita punya prioritas lain," demikian menurut psikolog klinis dewasa dari TigaGenerasi, Inez Kristanti, M.Psi saat dihubungi Medcom.id, Kamis 22 Februari 2018.

Perkenalan tersebut juga bisa membantu Anda menyeimbangkan alokasi waktu untuk keduanya. Selain itu, hal tersebut juga bisa meminimalisir rasa cemburu dari pacar atau teman pada satu sama lain.

Mengenalkan pasangan pada teman juga dapat membuat Anda dapat melihat bagaimana hubungan romansa yang sedang dijalani dari sudut pandang lain.

Kedekatan dengan teman dapat membantu menyadarkan Anda dari situasi merugikan yang tidak Anda sadari. Kebiasaan bercerita tentang pasangan (atau sebaliknya) membuat pikiran lebih terbuka melalui opini yang teman berikan.

"Misalnya, ketika kita terjebak dalam hubungan yang kasar atau tak sehat. Jika teman kenal pasangan, maka ia bisa membantu menilai dan mengevaluasi situasi yang Anda alami sehingga membantu melindungi atau keluar dari hubungan itu," ia memberi contoh.

Lalu, kapankah waktu yang tepat mengenalkan pasangan pada teman? "Tak perlu buru-buru. Kalau Anda serius berhubungan, baru kenalkan," pungkas Inez.

Mengenai cara memperkenalkan, Inez menyarankan agar santai saja, tak perlu menyiapkan waktu khusus, misalnya saat sedang nongkrong bersama teman-teman.

Cara tersebut nyatanya dipraktikkan oleh Nisa dan Dinda yang memperkenalkan pasangan kepada teman-temannya karena kebetulan bertemu di satu tempat nongkrong.

"Soalnya kalau sengaja diperkenalkan, kesannya kepedean aja. Lagian, pasangan juga bukan barang buat dipamerin," tandas Dinda.

Sumber: Lampost

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bupati Lampung Tengah Mustafa Tiba di Gedung KPK

Buku Lampung Tumbai Diluncurkan

KPK Periksa 4 Pimpinan Fraksi DPRD Lampung Tengah

Polresta Tembak Mati Seorang Begal di Lampung Timur

Shortcut KA Rejosari-Tarahan Butuh Rekomendasi Tiga Pemda

Dalam 7 Tahun, 26 Gajah Mati di Way Kambas

KPPN Bandar Lampung Canangkan Zona Integritas Bebas Korupsi