Viral, Netizen Keluhkan Mahalnya Tarif Masuk Wisata Suoh

Unggahan pengguna Facebook mengeluhkan mahalnya tarif masuk wisata ke Suoh. (Dok. Facebook)

LIWA (Lampost.co) -- Potensi wisata Kawah Nirwana dan Keramikan yang berada di titik terdekat panas bumi dengan pemandangan danau yang di dukung hamparan padang ilalang, di Kecamatan Suoh, Lampung Barat, kembali dikeluhkan pengunjung akibat mahalnya biaya masuk.
Sebuah unggahan media sosial pada Senin (19/2/2018) sempat viral. Seorang pengguna akun Facebook bernama Wien Gelo, mengeluhkan mahalnya tarif masuk untuk menikmati wisata ke Suoh melebihi tarif di kota wisata yang sudah terkenal.

Berikut isi unggahan Wien Gelo:
"Sedih, Miris rasanya berwisata di kampung sendiri tarifnya melebihi di kota wisata terkenal. Semua serba berbayar, bahkan warga di kampung lain di Suoh pun tak bisa menikmati indahnya alam Suoh jika tak mampu membayar tiket yang sana sini berbayar. Miris lagi ketika semua diklaim milik kampung Suka Marga..bahkan ojek dr kampung sebelahpun tidak diperkenankan membawa penumpang...ohwww apa yg terjadi dengan Suoh??? Dimana sila ke 5 dalam PANCASILA?"
Status tersebut langsung mendapat tanggapan dari netizen, yang rata-rata menyayangkan mahalnya biaya masuk lokasi wisata. Padahal wisata di Suoh yang lokasinya baru mulai dikenal dan fasilitasnya masih sangat terbatas.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Lampost.co, untuk menikmati paket wisata yang lokasinya berada di dalam kawasan Taman Nasional bukit Batisan selatan (TNBB) tersebut pengunjung harus merogoh kocek hingga Rp80 ribu per sekali jalan.
Salah seorang pemgunjung asal kecamatan Balik Bukit, Menik, mengaku kecewa karena setelah jauh-jauh berwisata ke Suoh bersama keluarga dan saudara dari luar Lampung, tetapi tidak bisa menikmti keindahan wisata akibat mahalnya biaya.

Menurutnya, untuk tiket masuk ke Danau Asam setiap orang dikenakan biaya masuk sebesar Rp10 ribu. Dari Danau Asam dirinya bersama keluarga ditawarkan paket menuju wisata Keramikan dengan menaiki perahu getek dengan tarif sebesar Rp50 ribu per orang.
Namun yang membuat dirinya kecewa ketika sampai di Keramikan dan hendak menuju kawah Nirwana, dirinya kembali diminta biaya masuk sebesar Rp20 ribu per kepala ditambah kebersihan sebesar Rp2 ribu.

"Terus terang saya sangat kecewa, dan jujur saya kapok mau ke Suoh. Masa biaya masuk hutan mahal dari wisata di kota. Sama petugas kami di tawarkan paket Rp 50 ribu naik getek, taunya dari Keramikan mau ke Kawah Nirwana bayar lagi, belum lagi dana kebersihan," kata dia.
Senada, Aldila, pengunjung asal Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, menuturkan kekecewaannya, karena terpaksa mengurungkan niatnya  melihat langsung ke indahan wisata Kawah Nirwana karena mahalnya biaya masuk.

"Sengaja ramai-ramai bawa mobil L300 pake terpal penasaran ke suoh. Tapi nggak jadi masuk ke wisata panas bumi yang viral di facebook, biayanya mahal. Masa dari danau asam ini naik ojek diminta Rp50 ribu, sama dengan naik getek juga 50 ribu. Katanya itu masih bayar lagi di dalam," Aku dia.

Sumber: Lampung Post

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bupati Lampung Tengah Mustafa Tiba di Gedung KPK

Buku Lampung Tumbai Diluncurkan

KPK Periksa 4 Pimpinan Fraksi DPRD Lampung Tengah

Polresta Tembak Mati Seorang Begal di Lampung Timur

Shortcut KA Rejosari-Tarahan Butuh Rekomendasi Tiga Pemda

Dalam 7 Tahun, 26 Gajah Mati di Way Kambas

KPPN Bandar Lampung Canangkan Zona Integritas Bebas Korupsi