BMKG Sebut Lampung Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

BMKG memprediksi hujan dan angin kencang di wilayah Lampung dalam tiga hari ke depan. (Foto:Dok.Lampost)

BANDAR LAMPUNG (Lampost.co)--Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memprediksi kondisi cuaca selama tiga hari kedepan di wilayah Lampung hampir merata.
Potensi hujan intensitas lebat disertai angin kencang dengan status waspada terjadi di beberapa wilayah, seperti Lampung Tengah, Way Kanan, Tulangbawang Barat, Bandar Lampung, Tulangbawang, Lampung Utara, Lampung Barat dan Tanggamus.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG, Rudi Harianto, Kamis (8/2/2018), menuturkan selain hujan lebat diserati angin kencang, selama tiga hari kedepan, hampir seluruh wilayah di Lampung berpotensi longsor terutama di wilayah yang memiliki daerah perbukitan, terutama di Pesawaran, Lampung selatan bagian selatan, Pesisir Barat, Lampung Barat dan Tanggamus.

"Sebetulnya hampir semua wilayah berpotensi, akan tetapi wilayah denga yang memiliki potensi curah hutan dan longsor di daerah perbukitan seperti Pesawaran dan Tanggamus," kata Rudi.
Dia mengimbau, pada saat curah hujan tinggi dan berpotensi genangan air naik, sehingga mengakibatkan banjir  bandang, tanah longsor, serta angin kencang hampir diseluruh wilayah Lampung, kepada masyarakat untuk lebih waspada.

Apabila akan bepergian ke wilayah yang berpotensi longsor diharapkan untuk menunda dan lebih berhati-hati. " Untuk daerah yang memiliki potensi banjir dan longsor harap untuk mengantisipasi lebih dini, misalnya dengan membersihakan lingkungan penyebab banjir, seperti selokan," saranya.
Sementara Kabid Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kota Bandar Lampung, Rizki menambahkan, baik musim hujan maupun tidak BPBD siap siaga selama 24 jam, yakni dengan menyiapkan personil maupun perlengkapanya, seperti perahu karet, mesin alcon serta alat pendukung lainya.

"Pada prinsipnya kami siap siaga 24 jam baik musim hujan atau tidak, salah satunya dengan menyiapkan personel Pleton piket 55 orang, dan pleton cadangan juga 55 orang," jelas Rizki.
Sedangkan titik rawan longsor selama potensi hujan kali ini untuk wilayah Bandar Lampung yang perlu diwaspadai ada beberapa titik rawan longsor, diantaranya di kecamatan Tanjungkarang Barat, Kemiling, Telukbetung Barat, Telukbetung Timur, Tanjungkarang Pusat, Langkapura, Kedamaian, Panjang, dan Sukabumi.

Selain longsor, Bandar Lampung juga rawan banjir disejumlah titik, seperti di wilayah Kedaton, Rajabasa, Tanjungkarang Pusat, Kedamaian, Way Halim, Sukabumi, Telukbetung Barat,(TBB),  Telukbetung Timur (TBT), Telukbetung selatan (TBS),  Bumi Waras, dan Panjang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bupati Lampung Tengah Mustafa Tiba di Gedung KPK

KPK Periksa 4 Pimpinan Fraksi DPRD Lampung Tengah

Buku Lampung Tumbai Diluncurkan

Polresta Tembak Mati Seorang Begal di Lampung Timur

Shortcut KA Rejosari-Tarahan Butuh Rekomendasi Tiga Pemda

Dalam 7 Tahun, 26 Gajah Mati di Way Kambas

KPPN Bandar Lampung Canangkan Zona Integritas Bebas Korupsi